Thursday, January 8, 2015

Istana Kertha Gosa Klungkung Bali

Bangunan yang terletak di pusat kota kabupaten Klungkung ini adalah sebuah bangunan salah satu bagian dari bekas puri kerajaan Klungkung. Kertha Gosa dibangun pada tahun 1686 pada saat pemerintahan Raja Klungkung yang pertama yaitu Ida I Dewa Agung Jambe.

Pada masa kejayaan Kerajaan Klungkung, Kertha Gosa digunakan sebagai tempat pertemuan para raja-raja di Bali dan juga sebagai tempat untuk menjamu tamu-tamu dari bangsa lain. Di setiap atap bangunannya berhias lukisan-lukisan yang berfalsafah Hindu. Lukisa-lukisan tersebut masih terawat dengan baik hingga sekarang.

Saya mendatangi Kertha Gosa ini karena mendapat informasi saat berbincang dengan bapak pemilik Dono Guest House tempat saya menginap di Ubud. Tidak terlalu jauh, hanya berkisar 15 km dari Ubud. Mencari lokasi bangunan inipun sangat mudah karena berada di pusat kota kabupaten.

Untuk memasuki kawasan Kertha Gosa pengunjung di wajibkan memakai sarung khas bali yang sudah disiapkan oleh petugas. Ada pula petugas pendamping tamu apabila pengunjung ingin didampingi guide untuk mengetahui kisah dari bangunan Kertha Gosa ini..